Dampak Bahaya Jika Membiarkan Tangki Bensin Motor Sering Kosong

Faktaunikotomotif.wordpress.com – Merawat motor kesayangan sudah pasti jadi kewajiban pemilik setiap motor. Motor yang dirawat pasti performanya akan lebih baik jika dibandingkan dengan motor yang tidak dirawat. Jika anda tidak mampu merawatnya usahakan bawa ke bengkel service resmi.

Sebenarnya anda sendiri juga bisa melakukan perawatan terhadap motor anda. Anda bisa melakukan perawatan ringan seperti selalu menjaga kebersihan motor dari kotoran akibat pemakainan sehari-hari.

Perawatan paling sederhana adalah dengan selalu memperhatikan bahan bakar motor anda. Motor pastinya butuh bahan bakar sebagai penggerak mesin. Tanpa ada bahan bakar, motor jelas tak bisa berfungsi sebagai kendaraan yang selalu menemanimu beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, terkadang kita justru melupakan kebutuhan utama motor tersebut yaitu dengan membiarkan tangki motor kosong. Entah karena teledor lupa untuk mengisi atau memang uang di dompet tidak tersisa.

Padahal kebiasaan membiarkan tangki motor kosong tak terisi bensin bisa berakibat fatal bagi motor kita. Jadi anda harus selalu memperhatikan tangki bensin motor setiap kali dipakai agar tidak berakibat buruk bagi kendaraan motor anda.

Disini saya akan menjelaskan beberapa bahaya atau akibat jika membiarkan tangki bensin motor selalu kosong :

1. Tangki Mudah Korosi

Saat tangki sepeda motor dalam keadaan kosong sama sekali, yang terjadi adalah udara akan masuk ke dalam tangki mengisi ruang hampa. Proses tersebut akan memancing oksidasi yang ending episodenya adalah akan mulai ada bercak-bercak kecil keras seperti karat.

Karat yang muncul umumnya tidak akan bertahan lama apabila ruang kosong pada tangki sering diisi. Karena bahan bakar akan memudahkan karat untuk lepas satu per satu. Namun jika tidak ada bahan bakar sama sekali, kemungkinan karat menyebar akan membesar. Dalam waktu yang panjang bisa menyebabkan tangki bocor.

2. Endapan

tangki motor 3

Selain munculnya karat, kondisi tangki bocor akan diperburuk dengan hadirnya sisa-sisa bahan bakar yang mengendap. Utamanya adalah bahan bakar yang mengandung timbal. Karena bahan bakar ini sedikit banyak bisa meninggalkan kotoran berupa serbuk kecil yang jika dibiarkan bisa menggunung.

Efek dari endapan tersebut adalah kondisi tangki yang terganggu. Ibarat kata tangki motor adalah bak mandi, maka kotoran endapan tersebut akan berpotensi menyumbat saluran tangki. Pada beberapa kasus, motor yang sudah sering kosong tangkinya akan sering mogok.

3. Fuel Pump

Fuel Pump adalah salah satu komponen untuk menyalurkan aliran bensin menuju mesin motor. Dan dari sinilah endapan yang tertinggal dalam tangki mulai menunjukkan indikasi ‘merusak’. Endapan yang ada dalam tangki motor, biasanya tidak akan bisa tersalurkan dengan baik.

Fuel Pump memiliki konsep seperti jam pasir. Ada satu saluran kecil yang dipergunakan untuk mengalirkan bensin ke dalam tubuh mesin motor. Jika endapan sudah menumpuk, maka fuel pump akan terganggu dan aliran bensin tidak akan bisa berjalan dengan lancar seperti biasa.

4. Sistem Pengapian

sistem pengapian

Masalah yang akan muncul jika tangki dibiarkan dalam keadaan kosong akan mempengaruhi sistem pengapian motor. Tergantungnya sistem pengapian akan mengakibatkan motor tidak akan bekerja secara maksimal.

Jika komponen-komponen sistem pengapian mengalami masalah karena tangki yang kosong tadi, maka solusinya adalah mengganti komponen dengan yang baru.

5. Boros

Kombinasi dari tangki motor yang berkarat, kotor serta pengendapan yang terjadi dan berpotensi menggangu kinerja fuel pump, maka yang terjadi pada motor anda sekalian adalah borosnya konsumsi bahan bakar dan buruknya performa motor.

Hal ini memungkinkan terjadi karena bahan bakar yang dikonsumsi motor tidak mampu terolah dengan baik, sehingga banyak bahan bakar tersebut tidak dikonsumsi secara optimal. Ujung-ujungnya adalah BBM terkuras tanpa memberikan tenaga seperti yang diharapkan.

6. Tekor

Kalau sudah demikian, maka efek yang terjadi adalah pada dompet anda. Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk mengganti komponen yang rusak akibat tangki kosong tadi. Bukan hanya boros membeli bahan bakar motor, anda pin akan boros dalam membeli spare part yang baru. Maka dari itu, perhatikan kondisi motor anda dengan baik untuk menghindari hal-hal diatas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s